Belajar GUI dengan java

Diposting oleh Rie_Philosopher di 22.01


Java merupakan sebuah bahasa program berorientasi objek yang paling bagus kalau menurut saya. Tapi selama belajar java di kampus, yang diajarkan hanya program berbentuk konsole, jadi lama lama saya cukup bosan.
Beberapa waktu yang lalu saya mencoba bereksperimen mencoba GUI dalam program yang saya buat dengan java. Dan alhamdulillah... saya berhasil, walau program yang saya buat masih sederhana.
Dalam membuat sebuah program yang berbasi GUI di java, saya membuatnya dengan JFrame.
Oke baiklah, kali ini saya akan mensharing sedikit ilmu yang saya tahu.
Dan program yang akan kita buat ini adalah untuk menghitung luas persegi panjang.

Berikut langkah langkahnya :
1.Buat sebuah project

Jangan lupa yang pilih yang java Free-form project

2.Kemudian desain frame seperti berikut

Untuk komponen yang dipakai adalah
panjang, lebar dan hasil luas menggunakan jLabel
untuk tempat menginput dan output menggunaka jTextField
dan untuk tombol hitung dengan JButton

3.kemudian tinggal diganti aja nama2 komponennya

4.Untuk selanjutnya kita masukkan code nya dengan cara klik dua kali pada jbutton1

5. Lalu masukkan kode berikut
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
float a, b, c;
a= Float.parseFloat(jTextField1.getText());
b= Float.parseFloat(jTextField2.getText());
c = a+b;

jTextField3.setText(""+c);

6. oke deh langsung jalankan programnya....

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Pengikut Blog Ini

Statistik Pengunjung Blog

Waktu Saat Ini


ShoutMix chat widget

Links


pYzam Page Pets
FreeFlashToys Page Pets