Tips Membeli Hamster Yang Tepat

Diposkan oleh Rie_Philosopher di 02.03

Anda berniat untuk memelihara hewan/binatang kesayangan anda ?
Hmm.. niat anda tersebut sangat tepat, apalagi bagi anda yang selalu sibuk bekerja seharian dan pulang dengan membawa rasa capek dan mungkin stress. Memelihara hewan adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress, karena anda akan mendapatkan kesenangan sendiri darinya. Dan kali ini saya aeragamkan men sharing bagaimana cara untuk memelihara hewan peliharaan yang baik (tapi kali ini hanya akan membahas bagaimana memelihara hamster).

1.Sebelum membeli hamster
Yap benar.. sebelum anda membeli hamster anda harus mengetahui dulu apa itu hamster, bagaimana kebiasaan hamster, dll. Salah satu cara yang tepat adalah dengan membaca postingan saya ini :) . anda bisa mengetahui semua tentang hamster dari informasi yang anda dapat di internet. Atau jika anda mempunyai saudara, teman dan kenalan yang memelihara hamster, mintalah info dari mereka.

2.Hamster jenis apa yang cocok dengan anda ?
Hamster memiliki beragam jenis, tapi di indonesia ada 4 jenis hamster yaitu :

- Hamster Campbel
Ini adalah jenis hamster yang pada umumnya sangat banyak dijual (apalagi di pasar2 hewan) Hamster jenis ini harganya relatif murah. Biasanya berkisar antara 10.000 - 25.000 per ekor, tapi bila anda membeli sepasang anda akan mendapat potongan
harga.
Ciri ciri utama dari hamster diantaranya ber ukuran 8 - 15 cm. rata rata umurnya
adalah 1-2 tahun. Hamster ini juga sangat aktif dan lincah. ada beberapa macam
campbel yaitu albino, panda, black, bear, argente, opal, blue.

Hamster Campbel Albino dan argente

- Hamster Roborovski
Termasuk jenis hamster yang mahal. Harganya berkisar 40-80 ribuan, mungkin karena
bentuknya yang imut, lucu, dan nge gemisin hahaha. Hamster jenis ini lebih lincah
dari campbel karena ukurannya yang juga lebih kecil dari campbel kira kira 4-6 cm.
Hamster jenis ini memiliki umur yang lumayan panjang antara 3-4 tahun (tergantung
gimana cara kita ngerawatnya sih..). ada dua macam roborovski yang banyak di
jumpai, yaitu normal dan white face.

Hamster Roborovski white

- Hamster Winter White
Kenapa hamster ini diberi nama winter white ? Karena pada saat musim dingin warna
bulunya akan menjadi putih. Hamster ini bersifat tenang, jinak dan tidak suka
mengigit. Hamster ini memiliki harga yang bervariasi, biasanya tergantung pada
Sesifikasi hamster ini, mungkin harganya berkisar 30-75 ribuan. panjang dari
winter white yaitu 4-8 cm, dan memiliki umur tak lebih dari 2,5 tahun.

Hamster winter white

- Hamster Syria
Hamster ini termasuk salah satu yang besar tubuhnya, panjangnya sendiri bisa
mencapai 6-9 cm. Namun hamster ini tergolong pemalas, tapi bukan berarti
gak sehat loh, mungkin bisa jadi karena bobot tubuhnya yang gede jadi males gerak
deh :) . Harganya berkisar 30-45 ribuan, mempunyai umur tidak lebih dari 3 tahun.

Hamster Syria (liat tuh, gede banget ya...tapi tetep imut hehehe..)

3.Harus membeli hamster dimana ?
Hal ini juga sangat berpengaruh untuk anda. Karena toko atau pasar yang bersih dan terawat akan memberi kesan yang baik. Kalau anda hendak ke Petshop, pilihlah petshop yang lengkap menjual berbagai hewan peliharaan dan juga kebutuhannya. Disini anda bisa sedikit menguji wawasan sang pemilik toko, apabila ia tahu banyak tenatang apa yang anda tanyakan ini akan menjadi satu nilai positif. Bagaimana bila anda membeli di pasar hewan ? gampang saja, yang pasti tempatnya harus bersih, namun disini biasanya yang menjual tidak tahu banyak tentang hamster. hanya tahu secara umum saja.
Namun akan lebih baik jika anda membeli langsung dari peternakannya, karena selain kualitas hamster yang jauh lebih bagus harga nya pun juga biasanya sedikit lebih murah ;) ckckck.

4.Memilih Jenis Hamster Yang akan anda beli
Sebelum membeli pilihlah jenis apa yang akan anda pelihara, dibawah ini saya akan memberikan sedikit opsi :
- Campbel -> Hamster ini yang paling banyak dipelihara, harga terjangkau, gampang
beradaptasi dengan lingkungan dan juga sangat atraktiv guna menghibur
pemiliknya.
- Roborovski -> Sangat cocok sebagai hewan hias (bukan cuma peliharaan biasa
maksudnya),licah dan lebih atraktiv untuk menghibur anda, Cocok
juga bagi anda yang loyal terhadap hewan peliharaan anda,anda harus
merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya.
- Winter White -> Sangat cocok untuk pemula dan anak2 karena jinak, semakin bagus
kualitasnya maka akan semakin mahal, membutuhkan perawatan yang
lebih.
- Syria -> kurang cocok bagi anda yang membutuhkan hiburan dari hamster, butuh
kandang yang besar, harganya murah2 mahal (sedang lah lebih tepatnya)

Khusus anda yang berada di kota pekanbaru, nih saya kasih lokasi untuk membeli hamster dan perlengkapannya (karena saya berdomisili di pekanbaru tentunya hehe :D ) :
1.Pasar burung jalan Durian Pekanbaru
Hanya menjual hamster dan kandangnya (1 set lengkap), tidak menjual accesoris
hamster yang Terpisah. Namun disini hamster yang dijual sangat banyak, jadi bisa
milih2.
2.Petshop Tyara jalan Riau ujung Pekanbaru
Sewaktu saya membeli pakan hamster disana, mereka tidak menjual hamster. Tapi
disini menjual peralatan hasmter lumayan lengkap, mereka juga menyediakan jasa inap
hewan peliharaan jika anda harus pergi ke luar kota.
4.Petshop Mulia jalan Riau ujing Pekanbaru (sebelum bundaran arengka 2)
Jika anda mencari hewan peliharaan disinilah tempat yang pas, karena mereka
menjual berbagai hewan peliharaan seperti anjing, ikan, hanster, gecko, ayam hias
dll. Accesoris hamster juga lengkap kok.
5.Petshop di dekat jalan Tanjung datuk (lupa saya nama nya :D hehehe)
Mereka menjual hamster dan anjing, tapi kayaknya ikan yang paling dominan dijual,
masih ada lagi landak mini. untuk accesoris dan segala pakan hamster kayaknya
kurang lengkap.

Semoga informasi dari saya ini bisa membantu anda sebelum anda membeli hamster.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo masalah pemsaran hamster gmana? soalnya saya ternak hamster di rumah

Rie_Philosopher mengatakan...

ane cuma melihara aja gan, bukan peternak hamster, sory...

Anonim mengatakan...

hehe, gan, ane punya syria sehat, kualitas bagus beli di toko cuma 15 ribu :D

shandy mengatakan...

Terima kasih ya buat informasinya, semoga bermanfaat buat saya dalam merawan hamster saya di rumah

Hamster Online mengatakan...

good job bro...:)

Anonim mengatakan...

kalo vitaminnya d jual dmna bg? d tyara petshop ada gak?

Adit Halim mengatakan...

kalau harga 1 ekor hamster brapa

Poskan Komentar

Entri Populer

Pengikut Blog Ini

Statistik Pengunjung Blog

Waktu Saat Ini


ShoutMix chat widget

Links


pYzam Page Pets
FreeFlashToys Page Pets