Acara Komedi Yang Paling Menghipnotis Indonesia

Diposting oleh Rie_Philosopher di 17.26

Banyak sekali acara komedi bermunculan di tv-tv indonesia, entah itu sebuah sitkom, variety show dll. Namun ada tiga acara komedi yang paling mendapat rating tinggi. Saya akan menguraikan lebih lanjut tentang ketiga acara tersebut :

1. Srimulat
Saya tidak tahu banyak sih tentang srimulat, maklum lah sewaktu masa-masa kemeasan srimulat saya masih bayi, hehehe. Tapi setelah googling kesana sini saya akan menjelaskan sedikit tentang sebuah acara komedi yang bisa dibilang cukup melegenda di indonesia.
Srimulat ini sangat panjang sejarahnya, didirikan oleh teguh slamet rahardjo di tahun 1950, srimulat mengalami pasang surut kejayaannya. Dan sempat disiarkan oleh Indosiar.
Tema paling sering diangkat dalam pementasan berpusar pada kehidupan keluarga. Ada majikan (suami dan istri), anak, dan pembantu. Mulai percintaan hingga cerita berlatar horor selalu dikemas dengan komedi. Sesekali Srimulat menampilkan bintang tamu (biasanya aktris) untuk melakonkan salah satu peran. Secara umum ciri khas grup Srimulat terletak pada pemutarbalikan logika, dan kelihaian memperpanjang suatu bahasan yang disisipi lelucon.


2. Ketoprak Humor
Ketoprak humor disiarkan oleh RCTI, mengangkat tema kesenian jawa, ketoprak humor cukup sukses menghibur para penonton tentunya dengan memasukkan lebih banyak unsur komedi. Para pemainnya mayoritas adalah orang yang terbilang komedian kawakan di indonesia.
Tema cerita yang ditampilka ketoprak humor biasanya mengangkat cerita tentang legenda, khususnya tentang jawa. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang.


3. Extravaganza
Ini dia salah satu variety show yang cukup populer di indonesia, Mengmbil unsur humor modern extravaganza cukup sukses menarik perhatian para penggemarnya, apalagi didukung dengan pemain-pemain yang berbakat mongocok perut kita semua, seperti aming, ronald surapraja, tora sudiro dll.
Extravganza hadir di trans tv dengan rating yang sangat baik. Saat masa kejayaannya dulu, extravaganza selalu ditunggu-tunggu oleh penonton (saya juga seh, tiap malam minggu selalu nongkrong di depan tv, hehehe)
Bisa dibilang extravaganza Sebagai salah satu acara komedi yang bertema kan modern yang menjadi awal dari acara sejenis lainnya.


4. Opera Van Java
Nah.. ini dia yang lagi hot2nya sekarang, opera van java atau yang disingkat ovj, merupakan suatu hasil karya anak bangsa yang patut di acungi jempol, saat ini ovj bisa dibilang merajai acara komedi di televisi indonesia.
Ovj bisa dibilang mirip dengan ketoprak humor, dengan nuansa jawa yang begitu kental, tapi alur cerita yang sering dibawakan tidak sebatas cerita atau legenda seperti hal nya ketoprak humor. Ovj juga sering menampilkan sketsa tentang cerita kehidupan sehari hari. Kalau saya menyebut OVj sebagai reinkarnasi nya ketoprak humor, atau bisa juga disebut Ketoprak humor modern ( setuju ?? ).
Ovj pun semakin komplit dengan para pemain yang sudah tidak bisa diragukan lagi keahliannya dalam menghibur pemirsa, ada Pelawak senior seperti Parto dan nunung, pelawak bertalenta seperti sule dan azis gagap, bahkan juga pelawak dadakan yaitu andre taulani.
Pertanyaannya sampai kapan Ovj akan eksis ? mudah mudahan bisa melegenda seperti halnya srimulat.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Pengikut Blog Ini

Statistik Pengunjung Blog

Waktu Saat Ini


ShoutMix chat widget

Links


pYzam Page Pets
FreeFlashToys Page Pets